Nih Caranya Wikipedia Tetep Beroperasi Sampe Sekarang


    Sobat mungkin telah mendengar atau bahkan mengunjungi Wikipedia, situs ensiklopedia online yang memberikan informasi tentang berbagai topik. Dengan lebih dari 55 juta artikel dalam lebih dari 300 bahasa, Wikipedia adalah salah satu situs web paling populer di dunia. Tapi tahukah kamu dari mana Wikipedia mendanai operasionalnya? Siapa yang mendirikan Wikipedia dan kapan? Artikel ini akan membahas hal-hal tersebut dengan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti.

Wikipedia didirikan oleh Jimmy Wales, seorang pengusaha Amerika Serikat yang sebelumnya bekerja sebagai pedagang saham. Pada 15 Januari 2001, ia mendirikan Wikipedia bersama dengan Larry Sanger, yang sebelumnya mengedit Nupedia, sebuah proyek ensiklopedia online. Ide Wikipedia adalah membuat sebuah ensiklopedia terbuka yang bisa ditulis dan disunting oleh siapa saja. Perangkat lunak yang digunakan untuk membuat Wikipedia disebut wiki, yang berarti “cepat” dalam bahasa Hawaii.

Wikipedia beroperasi di bawah naungan Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang juga mengelola proyek-proyek lain seperti Wiktionary, Wikibooks, Wikisource, dan lain-lain. Wikimedia Foundation mendapatkan pendanaan dari donasi sukarela dari para pengguna dan penyumbang Wikipedia. Wikimedia Foundation tidak memasang iklan di situs-situsnya karena ingin menjaga kemandirian dan kredibilitas informasi yang disajikan.

Laporan keuangan Wikimedia Foundation untuk tahun 2020-2021 menunjukkan bahwa pendapatan sebesar 129,5 juta dolar AS diterima dari donasi individu (86%), diikuti oleh donasi lembaga (12%), dan sumber lain (2%). Pengeluaran sebesar 111,3 juta dolar AS dialokasikan untuk program (74%), administrasi umum (13%), penggalangan dana (9%), dan tata kelola (4%).



Wikimedia memiliki biaya yang relatif rendah dibandingkan dengan situs web lain dengan jumlah kunjungan yang sama atau lebih tinggi, dan perkiraan tahun 2019 menunjukkan bahwa biaya bulanan untuk operasinya adalah sekitar 2,6 juta dolar AS, termasuk biaya perangkat lunak, perangkat keras, bandwidth, listrik, gaji karyawan, dan biaya lainnya. Ini karena Wikipedia bergantung pada kerja sama sukarela editor dan kontributor.

Wikipedia adalah contoh yang luar biasa dari gerakan pengetahuan terbuka atau open source. Wikipedia dapat menyediakan data yang luas, akurat, dan terkini bagi jutaan orang di seluruh dunia dengan bantuan model ini. Tetapi Wikipedia juga menghadapi masalah seperti vandalisme, perusakan, kesalahan fakta, bias, dan kontroversi. Oleh karena itu, sebagai pembaca, sangat penting untuk memeriksa sumber dan referensi yang digunakan oleh Wikipedia secara teratur untuk memastikan bahwa apa yang kita dapatkan tidak palsu.

Demikian artikel tentang “Nih Caranya Wikipedia Tetep Beroperasi Sampe Sekarang” Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu. Jangan lupa untuk berdonasi ke Wikimedia Foundation jika kamu merasa terbantu oleh Wikipedia. Terima kasih telah membaca!

0 Komentar

Dukung kami