Breaking News

Mencoba Berhutang Online Pake Shopee Paylater




Halo kenalin saya Ambang kali ini akan sharing tentang Financial Planner, dan pokok bahasannya adalah kali ini mengenai hutang zaman now yang dimana cukup pakai aplikasi, isi formulir, foto, selfi, rekaman suara dan udah deh di approve.

By the way masalah hutang in itu termasuk yang paling banyak di request jadi ya udahlah dari pada binggung bikin posting apa hehehe, hutang yang saya maksudkan adalah Pay Later. Metode pembayaran yang makin menjamur di era sekarang ini, seiring dengan perkembangan FinTech, E-Commerce, Pola konsumsi masyarakat dll.

Nah Paylater ini dapat ditemukan pada platform Market Space hingga E-Commerce loh, bahkan Lembaga keuangan juga pada berlomba untuk menghadirkan fitur ini. Dari sekian banyaknya paylater saya mennyoba dulu si Shopee Paylater karena gak sengaja buka menu shopee ada fitur ini yasudah saya aktifkan.

Niat awalnya paylater bukan karena butuh sesuatu tapi karena pengen Trial & tested gitu hehehehe, ditambah pula siapa tau dari paylater itu ketemu judul buat skripsi. Awalnya mau ngeurungkan diri mau nyoba fitur ini konsul dulu, research dulu, pahami Syarat & Ketentuan hingga akhirnya mencoba.


Apa itu Shopee Paylater?

Pay Later merupakan produk keuangan yang dimana "Pakai Dulu Bayarnya Nanti" ya samalah kayak kartu kredit, Pay Later ini bagi saya fungsi dan cara kerjanya mirip dengan kartu kredit ada biaya, bunga, dan denda. Fitur paylater juga ada cicilan loh ada yang menggunakan DP ada yang engga, namun pada shopee paylater tidak ada DP. Paylater shopee ini dijalankan oleh entitas yang bernama PT. Lentera Dana Nusantara bisa dibilang pihak ketiga, saya telusuri PT. Lentera Dana Nusantara terdaftar di OJK dan AFPI jadi untuk regulasi aman lah.

Daftarnya Gimana?

Daftarnya tinggal buka Aplikasi Shopee > Saya > Cari menu Shopee Paylater. Kalau belum artinya sobat belum memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh shopee atau info lebih lanjut hubungi saja pihak Shopee. Jika Ada menu Shopee paylater tinggal buka lalu "Ajukan" Isi form data diri dan upload dokumen, dan tinggal nunggu di approve atau gak. ditahap awal sobat akan mendapatkan limit Rp 750.000.

Makenya Gimana?

Pakainya gampang tinggal cari barang yang ingin di cari lalu checkout dan pilih deh shopee paylater mau yang cicilan atau mau tunda pembayaran monggo disesuaikan.

Pengalaman Make


Karena saya penasaran jadinya tak coba deh, sebenarnya duitnya ada cuma penasaran banget, ada fasilitas kok gak dicoba. Tapi saya membatasi diri biar gak keseringan karena gak bagus Paylater = Hutang Konsumtif. Saya Pakai ini iseng walapun iseng ntah kenapa jadi kurang nyaman aj nyicil jadi ada rasa was-was buat bayar cicilan diawal sebelum jatuh tempo.


Saya sendiri selalu pasang pengingat pokoknya H-1/H-3/H-5 harus buru-buru dibayar bukan masalah takut sama DC (Desk Collector), Masuk SLIK, cuma ntahlah engga bisa dijelaskan dengan kata-kata. Overall sangat membantu *Jika Dibutuhkan. Tapi kalau keseringan juga gak bagus juga. Oh ya untuk bayarnya gampang kok bisa pakai shopee Pay atau pake virtual account bank/indomaret, cuma saya sendiri milih VA atau gak Shopee Pay. Limit ini akan berlaku jika sobat menggunakan fasilitas ini, dan tiap menggunakan fasilitas ini ada biayanya dan dijelaskan saat checkout nantinya.

Limit (Akan) Naik Jika :

1. Dokumen sudah dilengkapi
2. Bayarnya gak pernah telat
3. Bayarnya teratur.
4. Credit Scoring Bagus (Btw ini bahasa teknis ya, coba ditanyakan ke org perbankan pasti tau)
5. Terpenuhi Asas 5C dalam pembiayaan

Please buat kakak-kakak sebelum apply produk dibaca dulu S&K nya please jangan diskip "Kak aku gak tau, karena bahasa anak ekonomi banget jadi gimana dong?" -> Tanya kepada yg lebih sudah ahli seperti perencana keuangan, orang bank, dsb. 

Bijak Pakai Paylater

1. Ukur Kemampuan (keuangan Asset VS Liablitas)
2. Jangan Nafsu
3. Pakai kalau ada promo & harganya emang murah
4. Siapin duit buat bayar
5. Gak kuat nahan nafsu tutup saja fasilitas tsb / hindari
6. Jangan mau memberi hutang teman kalian dengan fasilitas ini

Btw fitur paylater itu, harus banget digunakan untuk mempermudah ya bukan buat dapet dana secara gratis, alangkah baiknya kalau pake fitur itu udh ada uang buat bayarnya, again fasilitas tsb hanya sebagai "Penunda" Pembayaran.

Semoga Bermanfaat ya Sobat... Mau sharing juga monggo

"Fasilitas ini ada untuk menunda bukan mendapatkan dana gratis, karena setiap fasilitas akan selalu ada yang harus dibayar."

No comments