Breaking News

Boro Boro Investasi Dan Nabung Buat Hidup Aja Kurang



Mengawali tahun ini kali kita akan bahas resolusi salah satunya keuangan. Satu kalimat yang acapkali kita dengar saat seminar mengenai investasi adalah “Saya tidak ada duit untuk diinvestasikan” atau “Boro-boro invest, buat hidup aja kurang”. Nah, bagaimana kalau kejadiannya seperti itu?

Jika Sobat mengalami permasalahan yang sama, jangan khawatir. Permasalahan tidak ada uang untuk investasi adalah masalah yang dihadapi banyak orang. Kalau mau sembuh dari kondisi keuangan yang selalu kurang, maka Sobat harus melakukan satu hal. Ubahlah urutan pengeluaran Sobat. Ya! Sobat tidak salah baca, mengubah urutan pengeluaran dapat memperbaiki kondisi keuangan Sobat.

Seperti apa sih, urutan yang baik? Coba lihat kotak di bawah ini, coba susun seperti apa Sobat mengelola keuangan?

Pengelolaan dalam urutan acak


Nah, kalau seperti gambar di atas, ya jelas Sobat tidak akan pernah ada uang untuk ditabung atau diinvestasikan karena tabungan dan investasi berada diurutan paling bawah. Artinya itu sisa (kalau ada sisanya). Coba urutan Sobat diubah menjadi seperti ini:


Pengelolaan dalam urutan teratur  

Setelah Sobat mendapatkan gaji atau penghasilan (bagi yang berwirausaha), penghasilan akan dipotong pajak penghasilan dan kewajiban lainnya. Setelah itu Sobat keluarkan uang untuk donasi, zakat, atau per puluhan. Kemudian gunakan uang yang ada untuk ditabung dan/atau diinvestasikan sesuai dengan rencana keuangan Sobat. Terakhir baru digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Pada saat awal, mempraktikkan resep tersebut, kebanyakan orang akan merasa kurang untuk kebutuhan rumah tangganya. Sementara waktu, Sobat harus berdiet, memangkas pengeluaran, dan sebisa mungkin menambah penghasilan. Ketika investasi Sobat sudah bekerja, sedikit demi sedikit, Sobat mulai dapat menikmati hasilnya. Kalau Sobat ingin sukses, berhenti membaca dulu. Kini, saatnya praktik!

REF :
Panduan Berinvestasi Reksa Dana Untuk Pemula, Finansialku.com

2 comments: