Tips Bagaimana Cara Tetap Fit di Bulan Puasa


Bulan puasa tinggal hitungan hari, tetapi suasananya sudah mulai kita rasakan. Apakah sobat sudah mempersiapkan diri dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadan ini? 

Selain bahan makanan dan kebutuhan pribadi lainnya, yang harus sobat persiapkan tentunya adalah kondisi badan sobat sendiri, sobat harus menjaga diri agar tetap fit di bulan puasa. Bulan puasa bukan berarti sobat bermalas-malasan. sobat harus tetap melakukan aktivitas seperti biasa, hanya saja intensitasnya yang memang dikurangi. Seperti apa cara yang bisa kita lakukan untuk membuat tubuh tetap fit selama bulan Ramadan? Berikut ini adalah tips untuk menjaga agar tubuh tetap fit yang ambil dari berbagai sumber:

1.Sahur Saat Mendekati Imsak

Dalam ajaran agama sudah dianjurkan agar mengakhirkan sahur mendekati waktu imsak. Selain menjalankan sunnah, sahur mendekati waktu Imsak berguna untuk memperpendek waktu kekosongan perut. Untuk menu sahur, pilih makanan yang rendah lemak dan berprotein tinggi. Dengan makanan ini maka membuat sobat merasa kenyang lebih lama dan bisa menjaga energi sepanjang waktu sobat beraktivitas.

tetap fit di bulan puasa (5)

3.Berolahraga Saat Menjelang Buka Puasa

Puasa juga bukan menjadi alasan bagi sobat untuk tidak berolahraga. Mungkin kondisi tubuhmu saat puasa tidak sebugar seperti hari-hari biasa, tapi bukan berarti menjadi halangan untuk berolahraga. Lakukan olahraga saat sore hari menjelang berbuka puasa, gunanya untuk menghindari dehidrasi. Pilih olahraga yang ringan-ringan saja, ya. Agar tetap fit dan tidak lemas saat berolahraga, disarankan untuk beristirahat yang cukup pada malam sebelumnya.

tetap fit di bulan puasa (4)

4.Perbanyak Minum Air Putih

Saat puasa, tentu tubuh kita sangat kekurangan air. Untuk menghindari dehidrasi cukupi kebutuhan air minum setiap hari, setidaknya 2 liter di antara waktu berbuka hingga sahur. Dehidrasi bisa membuat tubuh menjadi lemas dan membuat aliran oksigen dalam tubuh tidak lancar. Kurangi konsumsi teh, kopi atau minuman bersoda. Hal ini untuk meminimalisir datangnya sakit kepala saat kamu sedang berpuasa.

tetap fit di bulan puasa (3)

5.Awali Berbuka dengan Makanan Manis atau Makanan Hangat

Saat berbuka puasa ada kecenderungan kita untuk minum-minuman yang segar dan dingin. Padahal sebenarnya minuman hangat mampu menetralisir asam lambung dan lebih bersahabat selama lambung kosong seharian. Makanan manis bisa lebih cepat diserap oleh tubuh dan bisa memulihkan energi setelah berpuasa. Jangan lupakan juga untuk makan buah-buahan ya!

tetap fit di bulan puasa (2)

6.Hindari Tidur Setelah Sahur

Langsung tidur setelah sahur tidak dianjurkan karena bisa mengganggu proses metabolisme. Tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan yang baru saja masuk. Ketika sobat langsung tidur maka yang terjadi adaah makanan yang seharusnya disimpan dalam lambung akan berbalik arah menuju kerongkongan. Jika ini terjadi, maka bisa membawa asam lambung ikut naik ke atas, kerongkongan terasa kering dan panas. Bisa jadi sobat akan muntah dan merasa mual.
Sebaiknya kamu memberi waktu 1-2 jam setelah makan sahur. Isi waktu dengan kegiatan beribadah, seperti mengaji atau membaca buku-buku yang bermanfaat.

tetap fit di bulan puasa (1)

Mudah ya cara membuat tubuh agar tetap fit di bulan puasa Ramadan? sobat juga bisa lho berkonsultasi dengan dokter pribadimu untuk mencari tahu hal-hal apa yang sebaiknya dilakukan selama bulan Ramadan nanti. Semoga Bermanfaat

0 Komentar

Dukung kami